JAMBI  

Sosialisasi Kebersihan Sungai Batanghari, Generasi Muda Turun Aksi Bersih-Bersih Pada Festival Batanghari 2024

KENALI.CO.ID, JAMBI – Rangkaian acara pada event Festival Batanghari terus bergulir. Tidak hanya diisi dengan Hiburan, Pameran hingga Parade. Pada Minggu pagi (7/7/2024), juga digelar Sosialisasi dan Edukasi menjaga kebersihan Sungai Batanghari. Edukasi dan Aksi Bersih-bersih ini diinisiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VI.

Para peserta sosialisasi dan edukasi kebersihan Sungai Batanghari ini merupakan generasi muda, mulai dari siswa Sekolah Dasar, SMP, SMAN, Para Duta Wisata, Penggerak Seni hingga Komunitas peduli lingkungan. Sosialisasi dan aksi bersih-bersih Sungai Batanghari ini dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Pinang Masak, kawasan Pasar Kota Jambi

Narasumber dalam sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan Sungai Batanghari ini dipaparkan langsung oleh Yuhdi Pratikno, S.T.,M.T, Kepala Operasi dan Pemeliharaan BWS Sumatera VI. Dalam paparannya, Pak Yuhdi mengajak para siswa generasi muda untuk mengenal Air dan arti pentingnya menjaga Sungai.

“Pentingnya kesadaran dalam menjaga lingkungan dan sungai kita. Semua bergantung pada air, BWS Sumatera telah membangun pintu air untuk pengendalian banjir. Air itu kalau tidak dijadikan teman maka dia akan menjadi musuh,” papar Yuhdi Pratikno.

Tidak hanya memberi paparan, Yuhdi juga mengajak para peserta berinteraksi dan memberikan pendapatnya tentang pentingnya menjaga Sungai. Dirinya berharap dengan sosialisasi dan edukasi ini, lahir generasi muda yang peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya Sungai Batanghari.

“Air itu harus kita jadikan sahabat kita. Kita rawat dan kita lestarikan. Jangan sampai kerusakan Sungai menimbulkan bencana bagi kita semua,” tegas Yuhdi.

Usai digelarnya sosialisasi dan edukasi, para peserta yang mayoritas para siswa ini diarahkan untuk ikut bersih-bersih pinggiran Sungai Batanghari. Khususnya membersikan RTH Putri Pinang Masak. Aksi bersih-bersih ini sebagai aksi nyata untuk mensukseskan Festival Batanghari, yang mengangkat tema “Semakin Dilestarikan Semakin Mensejahterakan”.

Baca Juga :  Audisi Liga Dangdut Jambi, Kejora dari Lesti Lagu pertama Dinyanyikan Peserta Pertama

Dari pantauan, tampak para siswa antusias memungut sampah di kawasan RTH dan juga memperbaiki sejumlah tanaman yang mulai rusak. Aksi bersih-bersih ini terlihat sangat menyenangkan bagi para siswa. Sambil berwisata sambil bersih-bersih lingkungan.

Pada kesempatan yang lain, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jambi , Erwin Efendi menjelaskan. Bahwa edukasi dan aksi bersih-bersih ini merupakan upaya untuk melahirkan kesadaran bagi generasi muda. Untuk mencintai Sungai Batanghari yang merupakan Primadona bagi masyarakat Provinsi Jambi.

“Sungai Batanghari itukan merupakan Primadona kita. Dari zaman dahulu, Sungai ini menjadi andalan masyarakat kita, baik untuk transportasi, mencari ekonomi juga untuk sumber daya manusia juga potensi-potensi lain. Kita ingin bagaimana supaya betul-betul menjaga kebersihan Sungai Batanghari ini. Jadi Festival Batanghari ini tidak semata-mata mengedepankan budaya saja, tetapi juga edukasi lingkungan hidup. Maka kita kumpulkan pada acara ini supaya timbul kesadaran Gerakan Bersih Sungai Batanghari,” pesarn Erwin Efendi.

Untuk memeriahkan acara pada Minggu pagi ini, juga disuguhkan hiburan musik dan penampilan seni dari sejumlah komunitas seni. Rangkaian Festival ini kian menarik jelang penutupan dan malam puncaknya pada Senin malam, 8 Juli 2024.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *