JAMBI, NEWS  

Surat Suara Pilpres Sudah Disebarkan ke Kabupaten/Kota

Surat Suara Pilpres Sudah Disebarkan ke Kabupaten/Kota
Surat Suara Pilpres Sudah Disebarkan ke Kabupaten/Kota

KENALI.CO.ID – Surat Suara Pilpres Sudah Disebarkan ke Kabupaten/Kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi dan 11 Kabupaten/kota mulai menerima pengiriman surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pada tahap awal, surat suara yang sudah d iterima penyelenggara adalah untuk Pemilihan Presiden (Pilpres).

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Suparmin mengatakan bahwa surat suara Pilpres saat ini sudah berada di Kabupaten/kota. Surat suara itu di simpan di gudang logistik di masing-masing daerah.

“Baru surat suara Pilpres yang di kirim dan sudah di terima. Posisinya sekarang sudah di Kabupaten/kota,” ujar Suparmin, Jumat (15/12) kemarin.

Sedangkan untuk surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota masih dalam tahap percetakan. Targetnya pada awal Januari mendatang, surat suara ini juga sudah dikirim dari percetakan.

“Surat Suara untuk DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota belum. Jadwalnya awal Januari nanti mulai di kirim ke Jambi,” jelasnya.

 

Menunggu keputusan PTUN

Untuk surat suara DPRD Kabupaten/Kota, Dapil II Kerinci belum di lakukan percetakannya. Ini karena masih menunggu keputusan PTUN Jambi terkait adanya gugatan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) karena Calegnya di coret.

“Putusan PTUN tanggal 20 Desember ini. Kalau putusannya menguatkan putusan Bawaslu, maka surat suara yang sudah di siapkan langsung di cetak. Tapi kalau di kabulkan, maka kita masukkan kembali namanya,” katanya.

Meski begitu, mantan anggota KPU Muaro Jambi ini optimis pengiriman logistik pemilu bisa di selesaikan tepat waktu. Sehingga pihaknya di daerah bisa bekerja untuk mempersiapkan pendistribusian logistik ke tingkat PPS.

“Insyaallah bisa selesai tepat waktu, karena tahap dua ini tinggal surat suara, hologram, amplop dan beberapa item lainnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Gibran 'Dibajak' Prabowo, PDIP: Biar Rakyat yang Menilai

Untuk saat ini, kata Suparmin, pihaknya masih meninjau percetakan amplop yang di kerjakan PT Solo Murni. Peninjauan ini di lakukan untuk memastikan percetakan amplop sesuai dengan spesifikasi dan bisa selesai tepat waktu.

“Hari ini (Kemarin,red) saya meninjau percetakan amplop bersama staf. Alhamdulillah tidak ada kendala dan tinggal menunggu dikirim,” pungkasnya. (*)