Suzuki Vitara Brezza dan S-Presso Muncul di GIIAS 2021?

  • Bagikan

Kenali.co.id, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) cukup lama tidak menghadirkan mobil baru di Indonesia. Terakhir kali mereka membawa model yang benar-benar baru adalah saat meluncurkan Suzuki Jimny di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019.

Padahal, Suzuki memiliki banyak model baru yang dipasarkan di luar negeri. Di India, sudah ada Suzuki Vitara Brezza, Suzuki Swift yang termasuk rajin melakukan penyegaran model, dan terakhir adalah Suzuki S-Presso yang sudah dipasarkan di India sejak September 2019.

Suzuki Indonesia sempat mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan produk baru pada semester II tahun ini, hanya saja belum diketahui model apa yang akan dirilis. Jika mengacu pada waktu peluncuran, rasanya akan dilakukan pada GIIAS 2021, 11-21 November.

Sebelumnya, rumor kehadiran model baru Suzuki sudah mencuat dalam beberapa bulan terakhir. Dua model yang dirumorkan masuk adalah Vitara Brezza dan S-Presso.

Suzuki Vitara Brezza
Vitara Brezza akan bermain di segmen SUV berukuran kecil dan menjadi rival bagi Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, dan Nissan Magnite. Kebetulan di segmen ini Suzuki belum memiliki jagoan. Suzuki saat ini memiliki tiga model SUV yang mengisi segmen city car (Suzuki Igniz), Suzuki XL7 (Low SUV), Suzuki S-Cross (Compact SUV), dan Suzuki Jimny (Compact SUV 4×4).

Segmen small SUV ini cukup menarik. Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang bulan lalu penjualan Raize (wholesales) mencapai 4.184 unit. Sedangkan Rocky terjual 968 unit, Sonet 220 unit, dan Magnite 104 unit. Angka ini cukup menjanjikan untuk segmen small SUV dan diyakini akan terus tumbuh seperti halnya tren positif penjualan SUV di seluruh dunia.

Vitara Brezza dibekali mesin bensin 1,5 liter yang juga dipakai Suzuki Ertiga. Mesin ini menghasilkan daya 104 PS dan 138 Nm. Sistem hybrid ringan juga ditawarkan, dengan SHVS. Pilihan transmisi yang ditawarkan meliputi transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan.

Soal desain, Vitara Brezza sudah menggadopsi gril krom. Mengapit di setiap sisi gril cluster lampu utama lampu depan proyektor dan DRL LED. Bumper yang lebih rendah untuk menempatkan pelat skid perak dan lampu kabut. Suzuki memberikan pilihan satu warna atau kombinasi dua warna.

Vitara Brezza memiliki desain interior yang cukup modern dengan dominasi warna hitam kombinasi strip warna oranye. Sistem infotainment Smartplay dengan layar sentuh berwarna akan memenuhi kebutuhan konektivitas. Cluster instrumen menampilkan tampilan digital untuk MID, dan tachometer yang dapat menunjukkan rpm lebih tinggi.

Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso juga ramai dirumorkan masuk Indonesia. Mobil ini bermain di segmen City Car. Hanya saja, Suzuki sudah memiliki Ignis yang dipasarkan di Indonesia. Belum ada keterangan apapun dari Suzuki Indonesia soal keberadaan S-Presso, apakah akan menggantikan Igniz, atau menjadi model baru.

S-Presso dipasarkan di India sejak September 2019. S-Presso sudah dipasarkan di sejumlah negara di luar India. Di Asia Tenggara, S-Presso sudah dijual di Filipina sejak Maret 2020. Kemudian di Afrika Selatan, Nigeria, Cili, Paraguay, dan Peru.

Di India, S-Presso dipasarkan dengan harga mulai 411.000 Rupee atau sekitar Rp 79,5 juta hingga 498.000 Rupee atau sekitar Rp 96,5 juta.

Model ini dibekali mesin bensin tipe K10B tiga silinder berkubikasi 1.000cc. Mesin tersebut juga sudah berstandar emisi BS6 atau setara dengan Euro4.

Mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar 68 hp pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm di 3.500 rpm. S-Presso dibekali transmisi manual dengan 5 kecepatan.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, dan wheelbase 2.380 mm. S-Presso hadir dengan kapasitas 5 penumpang.

Tampilan SUV mungil ini terlihat lebih agresif berkat penggunaan desain bonnet dengan 4 kotak plus logo S besar di bagian depan. Keseluruhan bentuk mobil ini mengotak dan punya warna andalan oranye.

Masuk ke bagian kabin, mobil ini memiliki dasbor bergaya center fascia dengan bulatan besar berwarna oranye. Di dalam bulatan ini terdapat panel instrumen di bagian atas dan layar sentuh 7 inci di bagian bawahnya.

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih seperti ABS dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), airbag ganda, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi serta sensor parkir mundur.

Simak update terbaru seputar GIIAS 2021 di Tempo.co dan Gooto.com. (Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *