⌾ KENALI INFO
KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ◉ UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ◉ 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ◉ KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ◉ SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ◉ TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ◉ RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ◉ KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ◉ KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ◉ KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ◉ WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ◉ WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ◉ GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ◉ PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ◉ GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ◉ ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ◉ KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ◉ KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ◉ SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ◉

Tak Hanya Fisik, Olahraga Juga Baik untuk Kesehatan Mental

  • Bagikan

Kenali.co.id, JAKARTA – Kesehatan mental mulai banyak dipahami oleh masyarakat saat ini. Hari Kesehatan Mental Sedunia juga diperingati pada 10 Oktober 2021. Untuk menjaga kesehatan mental, banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk olahraga.

Banyak studi yang telah membuktikan bahwa olahraga tak hanya untuk fisik saja, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Olahraga dapat meningkatkan energi serta motivasi seseorang dalam menjalani aktivitas.

Selain itu, olahraga juga berkaitan dengan ketahanan emosi dan cara bersikap. Berikut ini 5 manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang telah MNC Portal Indonesia rangkum dari Live Science, Minggu (10/10/2021).

1. Mengurangi gejala depresi

Olahraga yang teratur dapat membantu mencegah depresi. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry, setelah mengamati lebih dari 33.000 orang, hasil menunjukkan bahwa 12 persen kasus depresi baru dapat dicegah jika seluruh populasi berolahraga setidaknya satu jam setiap minggu.

Jika orang sudah didiagnosa depresi, olahraga menjadi cara yang efektif untuk mencegah gejala yang parah maupun ringan.

Penelitian dari Duke University menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan mengonsumsi antidepresan. Pasalnya, olahraga dapat mengurangi gejala depresi hingga 70 persen.

2. Membantu mengatasi kecemasan

Olahraga juga mampu mengurangi gejala kecemasan yang biasa muncul bersama depresi. Studi meta-analisis dari 13 studi menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga memiliki perlindungan lebih kuat terhadap gejala kecemasan daripada mereka yang tidak melakukan olahraga.

Menurut para ilmuwan, hal ini terjadi karena kecemasan berhubungan dengan adrenalin dan kortisol yang membuat otot menegang.

Sehingga, olahraga mampu mengendurkan otot-otot tersebut serta mengalihkan perhatian dari hal-hal yang memicu kecemasan.

3. Memperbaiki perilaku

Studi pada anak-anak menunjukkan olahraga dapat memperbaiki perilaku mereka. Mulai dari bekerja lebih baik, mengurangi agresivitas, dan lebih bertanggung jawab terhadap tindakan mereka. Regulasi perilaku ini bermanfaat bagi semua orang, terutama mereka yang memiliki defisit fungsi eksekutif seperti ADHD.

4. Menambah banyak koneksi

Kita semua membutuhkan rasa memiliki dan hubungan dengan orang-orang di sekitar untuk merasa termotivasi dan antusias. Olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan koneksi.

Aktivitas fisik yang teratur dapat menghilangkan rasa kesepian dan membuat orang lebih mudah terhubung dengan lingkungan sekitar.

Studi menunjukkan bahwa manfaat jangka panjang olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas dan kepuasan hidup. Selain itu, olahraga juga bisa membuat seseorang memiliki umur yang lebih panjang karena tubuh akan sehat dan bugar.

5. Meningkatkan harga diri

Harga diri yang tinggi dapat menjaga kesehatan mental kita. Dengan berolahraga, kita akan lebih percaya diri. Misalnya, mendapatkan bentuk tubuh yang indah.

Hal itu tentu akan meningkatkan kepercayaan diri dan jauh dari rasa cemas, seperti membandingkan diri dengan orang lain. Kita justru akan lebih fokus dengan diri sendiri.

Penelitian menunjukkan orang yang berolahraga dengan rutin memiliki harga diri dan persepsi diri yang lebih positif, dengan begitu kualitas hidup pun akan turut meningkat. (Anggie/kenali.co.id)

 


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *