Terkini Bisnis: Deretan Poin Perpu Cipta Kerja yang Ditolak Buruh, Daftar Terbaru 100 Pinjol Ilegal

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id,EKONOMI- 

Berita terkini ekonomi dan bisnis pada Ahad siang, 15 Januari 2023, dimulai dari suara buruh dalam demonstrasi menolak Perpu Cipta Kerja yang dilakukan pada Sabtu kemarin.

Berikutnya ada berita tentang aturan baru soal pesangon di Perpu Cipta Kerja yang dipersoalkan buruh dan cerita Erick Thohir soal komitmen investasi Qatar di Labuan Bajo. Lalu ada berita tentang lowongan kerja di TV milik Andre Taulany dan daftar terbaru 100 pinjol ilegal yang diumumkan OJK.

1. Suara Buruh dalam Demo 14 Januari: Tolak Rezim Upah Murah, Outsourcing hingga Aturan Baru Pesangon

Partai Buruh bersama sejumlah organisasi serikat pekerja menggelar demonstrasi kemarin. Mereka turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan terhadap Perpu Cipta Kerja yang ditandatangani Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada 30 Desember 2023.

“Penolakan ini didasari setelah mempelajari isi Perpu yang sangat merugikankepentingan kelompok kelas pekerja,” kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat berunjuk rasa di kawasan Monas, Sabtu, 14 Januari 2023.

Isu yang diangkat dalam aksi tersebut sama seperti aksi-aksi sebelumnya, yakni fokus pada sembilan poin inti permasalahan yang ada di dalam Perpu Cipta Kerja.

2. Aturan Baru tentang Pesangon Dianggap Merugikan Buruh, Ini Alasannya

Selain Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perpu Cipta Kerja yang ditolak, Partai Buruh juga menolak isi Peraturan Pemerintah (PP) No 35 tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

Regulasi yang menjadi turunan dari Perpu Cipta Kerja itu juga dianggap hanya mengutamakan kepentingan pengusaha tapi tidak memikirkan nasib buruh.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, salah satu poin PP 35 tahun 2021 yang tidak memihak kepada buruh adalah pada tentang hak uang pesangon terhadap pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

3. Erick Thohir Cerita Komitmen Investasi Rp 1,2 Triliun dari Qatar untuk Bangun Hotel di Labuan Bajo

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menceritakan soal komitmen investasi dari Qatar senilai US$ 80 juta untuk membangun hotel di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Nilai modal yang ditanamkan itu setara dengan Rp 1,2 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.144 per dolar AS.

Adapun investasi itu akan digunakan untuk menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN atau KTT ASEAN 2023 yang bakal digelar di Labuan Bajo.

“Komitmen ini kami dorong saat kami ke Doha, Qatar beberapa waktu lalu,” ujar Erick dalam konferensi pers Natal Bersama 2022 Kementerian BUMN dan BUMN di Tangerang, Banten, Sabtu, 14 Januari 2023.

4. TV Milik Andre Taulany Buka Lowongan Kerja, Ini Kualifikasinya

PT Taulany Media Kreasi (Taulany TV) sedang membuka lowongan kerja utuk posisi  Artist Management, Creative Marketing, dan Magang Accounting. Pendafataran dibuka hingga 24 Januari 2023.

Seperti diketahui, Taulany TV merupakan perusahaan  milik artis Andre Taulany yang bergerak di bidang digital creative. Selain memproduksi kontek komedi, Taulany TV memproduksi video klip dan sebagainya, di kanal YouTube.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tempo dari Instagram resmi @taulany_tv pada Sabtu, 14 Januari 2023, berikut rinciannya:

5. Terbaru, Daftar 100 Pinjol Ilegal yang Wajib Diwaspadai

Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengumumkan nama-nama perusahaan fintech peer-to-peer lending yang ilegal. Terdapat sejumlah perusahaan jasa pinjaman online atau pinjol yang masuk daftar pinjol ilegal.

Apa saja nama perusahaan pinjol ilegal tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

Platform pinjol selalu memberikan angin surga bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Selain nominal pinjaman yang menggiurkan, umumnya syarat pengajuan Pinjol juga sederhana, hanya cukup menyiapkan KTP dan HP. Masyarakat tidak perlu meminjam di bank, karena dana pinjol bisa langsung masuk ke rekening tanpa persyaratan panjang.*asih/kenali.co.id


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *