Terobosan Pikobar Membawa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Raih KDI 2021

  • Bagikan

Kenali.co.id,- Acara penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 kembali diselenggarakan oleh KORAN SINDO dan Sindonews.com yang tergabung dalam MNC Portal Indonesia. Ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang telah melakukan inovasi dan terobosan dalam upaya membangun daerahnya.

Ajang yang diselenggarakan pada Jumat (5/11/2021) di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini dibuka langsung oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam pembukaan ajang ke-8 KDI 2021 ini, Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan apresiasinya kepada kepala daerah yang dapat memberikan inspirasi melalui inovasi-inovasinya, meski dalam keadaan yang tidak mudah. Ia juga mengatakan, majunya negara bergantung dari daerah. “Kalau daerah maju, maka Indonesia akan luar biasa maju pesat,” katanya.

Acara ini dilaksanakan sebagai apresiasi atas berbagai inovasi para kepala daerah yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakatnya, memajukan pendidikan, kesehatan dan meningkatkan layanan publik yang kemudian menjadi empat kategori dalam penganugerahaan KDI 2021. Di ajang ini, KDI memberikan penghargaan kepada 16 kepala daerah, salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada kategori Layanan Publik.

Inovasi yang dilakukan berupa aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar). Aplikasi yang diresmikan pada 4 Maret 2020 oleh Ridwan Kamil ini, berfungsi untuk menyajikan berbagai informasi mengenai data dan visualisasi penyebaran, pencegahan, dan penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan oleh Dewi Sartika, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 di Jawa Barat yang mewakili kehadiran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Malam Penganugerahaan KDI 2021.

“Jadi ini adalah sebuah sistem yang menyatukan seluruh kondisi di Jawa Barat agar semua data bisa dengan mudah dan dapat diakses oleh masyarakat. Di mana Pak Gubernur juga selalu menyatakan agar kita proaktif kemudian transparan, ilmiah, inovatif dan kolaboratif. Jadi dengan sistem itulah kita bekerja sama. Alhamdulillah hari ini kesembuhan Covid-19 sudah di atas rata-rata nasional,” ucapnya.

Selain untuk memudahkan mendapatkan informasi terbaru mengenai Covid-19, aplikasi yang hadir atas adanya kerja sama pemerintah dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat dan mitra utama non-pemerintah ini memudahkan masyarakat untuk menyalurkan aspirasi serta melakukan telekonsultasi. Aplikasi ini juga untuk mengumpulkan data dari para ketua RT.

“Alhamdulillah dengan Pikobar seluruh data bisa dengan mudah diakses, ada sekitar 32 fitur. Salah satunya adalah bagaimana masyarakat bisa melakukan telekonsultasi yang kemudian masyarakat bisa berperan aktif untuk memberikan informasi-informasi. Selain itu Pak Gubernur juga memberikan sarana dan prasaran yakni HP kepada ketua RT se-Jawa Barat dan melalui itu kita dapat meng-case semua informasi melalui Pikobar,” ujarnya.

Malam penganugerahaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 ini telah disiarkan secara live di Welcome Page @okezonecom @sindonews @inewsdotid pada Jumat, 5 November 2021 kemarin pukul 18.00 hingga 21.00. Ajang Kepala Daerah Inovatif 2021 turut dimeriahkan oleh performa dari Novia Bachmid atau Novia Idol. Acara ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. CM(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *