NEWS  

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

KENALI.CO.ID, KECANTIKAN – Tips Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah, Pori-pori kulit sebenarnya tidak bisa hilang karena berfungsi untuk mengeluarkan minyak alami tubuh agar kulit tetap lembab.

Namun pori-pori kulit wajah bisa kita kecilkan dan samarkan dengan beberapa tips.

Orang yang memiliki tipe kulit berminyak biasanya mempunyai pori-pori kulit yang besar.

Hal tersebut terjadi karena kelenjar minyak yang besar biasanya perlu mengeluarkan minyak yang banyak dengan begitu pori-pori akan membesar agar memperlancar pengeluaran minyak.

Walaupun begitu ada beberapa cara perawatan untuk menyamarkan dan memperkecil pori-pori kulit tersebut.

Jika kamu rajin merawat kulit dengan membersihkan dengan deep cleansing, tentu saja dapat membantu menyamarkan pori-pori kulit. Selain hal tersebut ada beberapa tips memperkecil pori-pori kulit wajah.

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

11 Cara Menutup Pori-Pori Wajah Pakai Bahan Alami

Berikut cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami seperti di lansir dari berbagai sumber.

1. Es batu.

Cara menutup pori-pori wajah yang pertama bisa dengan es batu. Sensasi dingin pada es batu di percaya dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya sangat mudah, kamu bisa ambil batu es di freezer kemudian bungkus batu es dengan handuk atau kain, kemudian oleskan ke wajah selama 15 menit. Perawatan ini bisa di lakukan saat malam hari.

2. Tomat

Tomat mengandung antioksidan lycopene yang terbukti dapat menangkal radikal bebas. Kandungan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Tomat juga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Caranya, siapkan satu buah dan haluskan hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan ke wajah selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

Baca Juga :  Jokowi Undang 3 Capres ke Istana, Jubir Anies: Kami Harap Cawapres Diundang Juga

3. Air beras

Saat kamu mencuci beras, sebaiknya cucian air beras pertama jangan di buang. Karena bisa di manfaatkan untuk skincare kecantikan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan asam ferullic dan allantoin pada air beras dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya, rendam air beras dalam wajah. Kemudian biarkan hingga sarinya mengendap. Lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

4. Jeruk nipis.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, hingga mengangkat sel-sel kulit mati. Kedua bahan tersebut juga mampu mengecilkan pori-pori secara alami di wajah.

Peras jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

5. Pepaya.

Cara menutup pori-pori wajah juga bisa dengan pepaya. Dalam pepaya terkandung vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Manfaat lain dari pepaya untuk wajah juga dapat membersihkan wajah dari kotoran, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan sel kulit mati di wajah.

Caranya. Kupas seperempat bagian pepaya. Kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah seperti masker, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

6. Alpukat.

Selain enak di santap jadi campuran es, alpukat juga bagus untuk kulit lho. Kandungan vitamin E dan C pada alpukat dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan penuaan dini. Selain itu, alpukat juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dan lembap

Cara mengaplikasikannya, siapkan daging alpukat kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga :  Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Alami, Mulai dari Perawatan Kulit sampai Perawatan Rambut

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

7. Pisang.

Pisang kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit. Manfaat pisang untuk wajah beragam, mulai dari melembapkan, mencerahkan, hingga dapat menutup pori-pori di wajah. Caranya, kupas satu buah pisang lalu haluskan. Kemudian campurkan dengan sedikit madu dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan masker ke wajah dan diamkan beberapa saat, bilas dengan air biasa.

8. Lemon.

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C yang bagus untuk memberi nutrisi pada kulit. Lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan kandungan tersebut, lemon kuga dapat di jadikan sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Caranya, peras jeruk lemon kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

9. Kopi dan gula.

Kamu bisa memanfaatkan kopi dan gula sebagai scrub. Scrub alami ini bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Selain itu juga memiliki manfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga terlihat lebih halus.

Caranya, campurkan kedua bahan dengan air lalu oleskan ke wajah sambil di gosok lembut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

Tidak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini 11 Cara Alami dan Sederhana Menyamarkan Pori-Pori Wajah

10. Madu

Bahan alami yang berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Madu juga sebagai pelembap alami yang bagus untuk menutrisi kulit.

Caranya Oleskan madu ke wajah dan leher, diamkan 30 menit. Dan bilas dengan air biasa.

11. Kentang.

Cara menutup pori-pori wajah kamu juga bisa memanfaatkan kentang. Kentang merupakan antibiotik alami yang dapat memperlambat proses penuaan pada wajah. Selain itu, kentang juga mampu mengangkat sel kulit mati di wajah dan mengecilkan pori-pori. Antioksidan di dalam kentang kuga dapat menyamarkan flek hitam di wajah.

Caranya, tumbuk halus satu buah kentang yang sudah di rebus, kemudian tambahkan dua sendok makan susu, aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.
(*FITRI/KENALI.CO.ID)
ARTIKEL INI PERNAH TAYANG : https://rbtv.disway.id/read/