Tiko Bu Eny Memiliki Kekerabatan dengan Keluarga Cendana? Fakta Berbicara Begini …

  • Bagikan
info seputar jambi

kenali.co.id,SELEBRITI- Nama Pulung Mustika Abimanyu atau Tiko Bu Eny yang viral karena berhati mulia merawat sang ibu di rumah mewah tanpa listrik dan air kurun 12 tahun masih menduduki trending keingintahuan khalayak. Salah satunya adalah tentang galur kekerabatan lelaki usia 23 tahun ini dengan keluarga Cendana. Nama Tiko disandingkan Pak Prabowo.

Dikutip dari Suara Denpasar, beredar tayangan via kanal YouTube yang menyebut-nyebut relasi Tiko dengan Pak Prabowo.

“Ibu Eny Menangis saat Melihat Pak Prabowo Memeluk Tiko” disertai narasi “Silsilah Keluarga Cendana Terbongkar, Tiko Menangis setelah Tahu Siapa Ayah yang Sebenarnya”.

Dan ada lagi yang tak kurang bombastis, diberi narasi Tiko telah melakukan test DNA dengan narasi senada: memiliki kekerabatan dengan keluarga Cendana.

Untuk video Ibu Eny menangis melihat Pak Menteri memeluk Tiko saja, sejak diupload 16 Januari 2023, video berdurasi 5 menit 46 detik ini sudah ditonton sebanyak 96 ribu kali, bahkan laris thumb atau like, hingga di atas 1.000 penonton memberikan feedback.

Narator menyatakan muncul kabar bahwa ayah Tiko memiliki hubungan dengan keluarga Cendana, yaitu Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Tanpa menjelaskan muasal kabar dari mana.

Faktanya, selama ini tidak ada pernyataan baik dari Tiko maupun keluarga Cendana tentang hubungan mereka. Tiko menyebutkan bahwa ayahnya, Herman Moedji Susanto adalah pengusaha biasa, rekanan Departemen Keuangan.

Berikutnya, dalam narasi disebutkan baru-baru ini dikabarkan kedatangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke kediaman Tiko dan membuka sedikit dari teka-teki keluarga Tiko.

Disebutkan pula oleh narator, kedatangan Prabowo yang secara tiba-tiba membuat Tiko kaget dan bangga atas pertemuan itu.

Dipaparkan lagi oleh narator dengan kedatangan Prabowo yang mantan menantu Soeharto ini  membuat publik beranggapan bahwa keluarga Tiko memiliki hubungan yang dekat dengan keluarga Cendana.

Faktanya, bila disimak lewat berbagai kanal YouTube konten kreator yang bahu-membahu membantu Tiko, bisa diketahui bahwa rumah mewah Bu Eny dan Tiko telah dibersihkan para konten kreator, dinas kebersihan setempat, sampai warga sekitar lengkap dengan pengurus Rukun Tetangga (RT) dan berbagai pihak relawan, dijaga dari kedatangan para tamu. Tujuannya membuat Tiko tidak lelah karena kejadian mendadak viral itu.

Dan bisa dipastikan tidak ada kunjungan dari Pak Prabowo yang akan atau hendak berjumpa Tiko.

Lebih jauh lagi bila menyimak video itu hanya berisi slide-slide foto itu, tanpa tayangan ada momen Tiko menangis setelah tahu siapa ayah yang sebenarnya sebagaimana dipaparkan di judul unggahan. Apalagi bagian Ibu Eny menangis saat melihat Pak Prabowo memeluk Tiko.

Satu-satunya penguat narasi adalah editan dua foto, yaitu Pak Prabowo dan Tiko yang ditempelkan ke dalam satu frame.

esimpulan:

Berdasarkan penelusuran ini, “Ibu Eny Menangis saat Melihat Pak Prabowo Memeluk Tiko” masuk dalam klasifikasi informasi hoaks, dengan kategori konten yang dimanipulasi.

Pemirsa diharapkan selalu mengecek fakta sebenarnya dari setiap informasi yang beredar, tidak serta merta mempercayai kabar yang beredar, utamanya berasal dari sumber tidak kredibel. Gunakan beberapa parameter seperti validasi, sumber utama, serta sumber pendukung untuk mengetahui keabsahan berita.*asih/kenali.co.id

 


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *