Tol Pekanbaru – Bangkinang Diresmkan Presiden Jokowi

  • Bagikan
presiden jokowi saat peresmian jalan tol pekanbaru-bangkinang
info seputar jambi

KENALI.CO.ID, Tol Pekanbaru – Bangkinang memiliki panjang 30,9 Kilometer. Tol ini merupakan bagian dari ruas  tol Pekanbaru-Padang. “Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada siang hari ini saya resmikan Jalan Tol ruas Pekanbaru – Padang Seksi Pekanbaru – Bangkinang di Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau,” ujar Presiden Jokowi lalu diiringi dengan suara sirine.

Ini merupakan jalan tol kedua yang dibangun setelah sebelumnya dibangun tol Pekanbaru-Dumai. Kata Jokowi Tol Pekanbaru-Dumai sudah beroperasi sangat baik dengan dengan traffic kendaraan sudah melebihi  7.507 kendaraan.

Sementara jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang ini menghubungkan dua provinsi tetangga, yaitu Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Tol ini merupakan sirip atau bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah yang berada di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Tol Pekanbaru – Bangkinang ini  juga telah memangkas waktu tempuh dari sebelumnya satu setengah jam menjadi 30 menit perjalanan.

Presiden Jokowi langsung membuktikan sendiri waktu tempuh tol ini. Jika sebelumnya Pekanbaru – Bangkinang memakan waktu 1,5 jam, saat dibuktikan oleh Jokowi, hanya membutuhkan waktu tak sampai setengah jam. “Tadi saya cek sendiri 23 menit,” kata Presiden Jokowi.

Presiden berharap dengan beroperasinya jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang ini, dapat meningkatkan daya saing, produktivitas di Kabupaten Kampar dan sekitarnya.

“Sehingga nantinya Jalan Tol ini akan disambungkan dengan lingkar Pekanbaru yakni dari arah Dumai, Pekanbaru dan Bangkinang akan tersambung ke arah Padang,” lanjutnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang dengan total panjang 40 Km terdiri dari 2 seksi dibangun dengan nilai investasi Rp. 4,8 Triliun, yakni Seksi 1 Pekanbaru – Sungai Pinang sepanjang 9,11 km (1,5 km telah terbangun, dengan target penyelesaian 2023) dan Seksi 2 Sungai Pinang – Bangkinang sepanjang 30,9 Km yang diresmikan hari ini.

Saat ini juga tengah dikerjakan ruas Tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I dari SS Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 24,7 km untuk melanjutkan ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang. Progres konstruksinya sudah 73,1% dengan lahan bebas 59,7% dan ditargetkan selesai Desember 2023.

Ruas tol Pekanbaru – Bangkinang ini sudah dibuka dan diberlakukan tarifnya pada 25 Desember 2022 lalu guna mendukung kelancaran lalu lintas libur mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Tercatat rata-rata harian lalu lintas kendaraan yang lewat mencapai 7.507 kendaraan per harinya.

Jalan tol Pekanbaru – Bangkinang ini juga sebagai konektivitas pendukung dalam mendorong pertumbuhan investasi perkebunan, pertambangan dan industri tuna di Kabupaten Kampar, hingga mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus. (*)

 


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *