JAMBI, NEWS  

Tugu Keris Siginjai, Ikonnya Kota Jambi

Inilah Tugu Keris Siginjai, Ikonnya Kota Jambi
Inilah Tugu Keris Siginjai, Ikonnya Kota Jambi

 KENALI.CO.ID – Tugu Keris Siginjai, Ikonnya Kota Jambi. Warga Kota Jambi pasti tak asing dengan ikon monumen Kota Jambi, Tugu Keris Siginjai ternyata punya nilai historisnya yang penuh makna.

Tugu Keris Siginjai adalah tugu atau monumen yang menyerupai keris kerajaan Jambi pada dulunya yakni Keris Siginjai. Tugu ini juga di angkat sebagai ikon dari Kota Jambi.

Dari logo terbaru provinsi Jambi yang menggambarkan Keris Siginjai di bawah kubah Masjid. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 9 meter dengan tinggi keseluruhannya sekitar 28 meter.

Letaknya juga , berada di pusat perkantoran Wali Kota Jambi, Kota Baru.

Selain menjadi kebanggaan masyarakat Jambi, juga memiliki banyak makna dan sejarah loh! Simak penjelasannya sebagai berikut.

Di lansir laman resmi Disbudpar Jambi, di ketahui mempunyai sembilan struktur besi berbentuk pipa galvanis yang merangkai dari satu ke yang lainnya. Terdapat pula empat buah patung angsa di batang tugu.

Dari bentuk tugu tersebut, ternyata memiliki makna terkait luasnya wilayah Kerajaan Jambi pada zaman dahulu.

Meliputi sembilan lurah yang di aliri oleh aliran anak sungai yakni Batang Asai, Batang Merangin, Batang Masurai, Batang Tabir, Batang Senamat, Batang Jujuhan, Batang Bungo, Batang Tebo dan Batang Tembesi.

Tugu keris siginjai di resmikan oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pada tanggal 31 Desember 2017 atau pada tahun baru 2018.

Pada mulanya sebelum di renovasi menjadi Tugu Keris Siginjai,  ini masih berbentuk  jam seperti Monas yang ada di Jakarta.

Sehingga dulu di kenal oleh masyarakat Jambi sebagai Tugu Monas Jambi.

Lalu setelah itu di bongkar oleh Wali Kota Jambi agar tidak sama dengan Monas Jakarta. Maka di buat ulang berbentuk Keris Siginjai agar mengandung nilai historis bagi Kota Jambi sendiri.

Baca Juga :  Pemda Kota Jambi Beri Subsidi BBM Angkot Gratis Rp840 Ribu Sebulan

Sejarah Keris Siginjai

Tertulis dalam papan sejarah di badan nya , yang bersumber dari Arsip Dokumentasi Museum Nasional Indonesia. Tertulis tulisan sebagai berikut.

Sesuai riwayatnya “Keris Siginjai” merupakan lambang kebesaran serta kepahlawanan Raja dan Sultan Jambi dahulu, karena barang siapa yang memilik keris tersebut ia yang di akui sebagai penguasa atau berkuasa untuk memerintah Kerajaan Jambi.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Keris Siginjal di bawa ke Batavia dan sejak November 1904 Keris Siginjal menjadi Koleksi Museum Nasional dengan nomor inventaris 10921.

Perkembangan  saat ini

Tugu Keris Siginjai saat ini menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat Kota Jambi. Saat ini di sekitarnya sering di gunakan warga sebagai tempat berolahraga dan kulineran.

Terdapat pula banyak permainan anak-anak, penyewaan sepeda, sehingga sangat cocok di datangi bersama keluarga. Tugu ini juga di kelilingi air mancur, sehingga menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang Instagramable!

Setiap akhir pekan juga selalu di adakan “Car Free Day” yang di hadiri banyak orang. Sehingga menjadikan tempat ini tempat nongkrong yang asyik.

Saat ini, Tugu ini masih ramai di kunjungi oleh banyak orang. Nah detikers, itulah makna dan sejarahnya. Semoga bermanfaat ya!