KENALI.CO.ID ● KEJAKSAAN TEMUKAN 50 STEMPEL BERBAGAI JENIS YANG MASIH BASAH KANTOR KPU TANJABTIM ● UANG SITAAN RP 230 JUTA DARI KANTOR KPU TANJABTIM DITITIP KE KAS NEGARA ● 4 RUANGAN KPU TANJABTIM MASIH DIPASANG SEGEL KEJAKSAAN SELAMA 4 HARI ● KETUA KPU TANJABTIM NURKHOLIS TAK MASUK KERJA PASCA PENGGELEDAHAN YANG DILAKUKAN KEJAKSAAN ● SENGKETA LAPANGAN PEMUDA AKSO DANO, PULUHAN WARGA TOLAK PEMASANGAN PLANG PEMERINTAH OLEH JAKSA PENGACARA NEGARA ● TANAH LONGSOR, AKSES JALAN MENUJU 7 DESA DI KECAMATAN BATANG ASAI PUTUS TERIMBUN MATERIAL LONGSOR ● RUMAH WARGA DI DESA BATU PENYABUNG SAROLANGUN NYARIS TERJUN KE JURANG SEDALAM 8 METER AKIBAT TANAH LONGSOR ● KAPOLRES BUNGO TEMUKAN PERALATAN PETI DI DEKAT AREA BANDARA ● KASUS PERCERAIAN DI TANJABTIM SELAMA MASA PANDEMI MENCAPAI 315 KASUS ● KPK MINTA PEMKOT JAMBI MENGOPTIMALKAN PAD DAN TERTIBKAN ASET ● WALIKOTA SYARIF FASHA JADI PEMATERI LITERASI DIGITAL YANG DISELENGGARAKAN DPR RI ● WAWAKO MAULANA PAPARKAN PERKEMBANGAN WISATA DANAU SIPIN DALAM KEGIATAN TEMASEK FOUNDATION URBAN RESILENCE PROGRAMME 2021 ● GUBERNUR AL HARIS LANTIK MUCHLIS SEBAGAI KOMISARIS DAN DAN MUDASIR SEBAGAI DIREKTUR PT JII ● PEMPROV JAMBI TERIMA PIAGAM DAN PLAKAT PENGHARGAAN OPINI WTP DARI KEMENKEU ● GUBERNUR AL HARIS CEK ISOTER DAN RSUD RADEN MATTAHER JAMBI ● ISOTER ASRAMA HAJI DAN BPSDM DITUTUP SEMENTARA KARENA PASIEN SUDAH MENURUN ● KABUPATEN MERANGIN DINYATAKAN NOL KASUS POSITIF COVID-19 ● KASUS AKTIF COVID-19 DI MUARO JAMBI TERUS MENGALAMI PENURUNAN ● SEKOLAH DI BATANGHARI BUTUH 35 ORANG PENGAWAS ● KENALI.CO.ID

Tumbang Perdana, Untuk Peremajaan Sawit

Kenali.co.id - Tak Berkategori
  • Bagikan

Kenali.co.id,Jambi-Penurunan hasil kebun akibat usia pokok kelapa sawit yang menua di kisaran 25-30 tahun  mendorong petani kelapa sawit mempertimbangkan untuk meremajakan kebun mereka. KUD Bina Usaha yang berada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, telah mengambil pilihan untuk meregenerasi kebun sawit para anggotanya.

Dalam rangka mengantisipasi proses penanaman kembali yang membutuhkan biaya  cukup besar dan menyiapkan infrastruktur pendukung selama masa tanam belum menghasilkan buah, KUD Bina Usaha berkolaborasi kembali dengan Asian Agri untuk mencapai keberhasilan di tanaman generasi kedua.

Tepat pada 15 April 2021, mereka menggelar kegiatan tumbang perdana kelapa sawit di  lahan milik Taufik Hidayat,  di Hamparan I Rukun Makmur yang terletak di Desa  Cinta Damai Kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjung Jabung Barat,  yang menandai dimulainya replanting kebun petani sawit yang tergabung di dalam KUD Bina Usaha.

Untuk membantu petani dalam peremajaan kebun sawit, beberapa faktor penting menjadi pertimbangan para petani sebelum memulai penanaman kembali, termasuk pendampingan terstruktur dan berkualitas, kolaborasi dengan  dinas perkebunan daerah serta mitra pendamping yang dapat membantu mereka mengelola kebun dengan praktik ramah lingkungan dan mendorong kemandirian para petani.

Petani KUD Bina Usaha memahami bahwa replanting kelapa sawit merupakan peluang untuk meningkatkan hasil produksi kebun sawit yang juga berdampak pada kesejahteraan mereka sebagai anggota KUD.

“Sekalipun kami sudah mendapatkan bantuan sejumlah dana replanting dari BPDPKS, namun kami menyadari bahwa  untuk bisa mendapatkan  peluang  meningkatkan produksi kami  butuh perusahaan yang bisa mendukung kami untuk mandiri.  Oleh  karena itu, kami kembali memilih  PT Inti Indosawit  Subur yang merupakan  unit bisnis dari Asian Agri. Sebab kami berkeyakinan bahwa dengan dukungan perusahaan maka petani akan dapat kembali menerima manfaat dan mencapai produksi  yang lebih baik lagi dari  generasi pertama karena ditunjang dengan praktik budidaya perkebunan terbaik yang dilakukan perusahaan inti,” ujar  Tonggor Hutabarat, Ketua KUD Bina Usaha.

Acara tumbang perdana ini diawali dengan doa bersama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua KUD Bina Usaha. Puncak acara yakni penumbangan perdana pokok kelapa sawit turut  disaksikan oleh perwakilan Kepala Desa Cinta Damai,  Ketua Kelompok Tani Hamparan, perwakilan PT Inti Indosawit Subur dan Tim Panitia Replanting KUD Bina Usaha.

Asian Agri, sebagai  perusahaan perkebunan yang merupakan  bagian dari grup Royal Golden Eagle (RGE),  mengelola grup perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam dan beroperasi secara global, mengupayakan keberadaannya dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan dimana perusahaan beroperasi.

Puji Sitompul, Koordinator Plasma Asian Agri, mengatakan,  “Kami mendampingi petani dalam kegiatan penanaman kembali atau replanting  sawit  akan bersama-sama  meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi keluarga petani, serta menerapkan praktik  yang ramah lingkungan.

Asian Agri terbuka untuk berdiskusi bersama petani untuk mengoptimalkan penggunaan dana bantuan peremajaan dari Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk peremajaan kelapa sawit rakyat.”

Program peremajaan sawit rakyat membutuhkan komitmen dari berbagai pemangku kepentingan, sinergi antar sektor, serta sumber daya dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan hasil kebun tanpa membuka lahan baru, serta mengelola kebun dengan prinsip keberlanjutan.

“Asian Agri mendampingi para petani sawit dari mulai pemilihan bibit unggul, persiapan lahan, penanaman hingga perawatan dengan praktik agronomi terbaik. Replanting  sawit rakyat adalah langkah besar dalam mengintensifikasi kebun rakyat  yang  akan meningkatkan kesejateraan petani sawit dan mendukung produksi CPO nasional,” tambah Puji.(*)


GOLD POINT JAMBI
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *