Udang Selingkuh, Kuliner Unik Wajib Coba di Papua

  • Bagikan

Kenali,co.id,-Ada kuliner unik yang wajib dicoba dari Wamena, Papua. Namanya, udang selingkuh.

Seperti namanya, ada cerita unik kenapa dinamakan udang selingkuh. Ternyata, penamaan udang ini karena bentuknya yang tak biasa.

Udang selingkuh hidup di air tawar, banyak terdapat di Sungai Baliem, Papua. Jika dilihat dari bentuknya, banyak yang dibuat bingung: ini udang tau kepiting?

Sebabnya, badannya mirip dengan udang sementara ukurannya lebih besar dari udang pada umumnya. Selain itu, udang ini memiliki capit yang menyerupai kepiting.

Alasan inilah yang mungkin membuat masyarakat Papua menyebutnya udang ‘selingkuh’. Karena, si udang tak mampu menjelaskan dia sebagai udang atau kepiting.

Tapi, ada juga yang mengatakan kalau udang selingkuh adalah hasil perkawinan campur atau perselingkuhan antara udang dengan kepiting. Tentu saja, ini hanya sekadar gurauan orang-orang sekitar.

Udang selingkuh ini menjadi salah satu panganan khas dan unik dari Papua. Makanan ini juga sangat digemari dan paling dicari orang-orang yang berkunjung ke Wamena.

Di Papua, tempat peternakan udang selingkuh banyak terdapat di Danau Paniai, Danau Tage dan Danau Tigi. Masyarakat sendiri yang mengelolanya. Dari sana udang-udang tersebut dijual langsung ke pasar untuk kemudian dipasarkan kepada para pemilik restoran dan rumah makan.

Udang ini nantinya diolah menjadi beragam masakan seperti udang saus tiram, udang lada hitam, udang asam manis atau udang saus padang. Tapi, Anda juga bisa mengolahnya sendiri dengan cara yang sederhana.

Udang ini memiliki rasa manis dan gurih yang alami dengan tekstur sangat lembut dan padat. Jadi, Anda tak perlu menambahkan banyak bumbu ke dalamnya. Cara memasaknya bisa dengan dibakar atau direbus.

Di pasaran, harga udang ini lumayan mahal, mulai dari Rp100 ribu per kilogram. Jika Anda ingin menyantap hidangan yang diolah di restoran, maka bersiaplah merogoh kocek mulai dari Rp300 ribu per porsinya. Tapi, satu porsinya bisa dinikmati 2-3 orang.(Riani/Kenali,co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *