Viral! Misteri Kode M111990 di Twitter Penjual Mangga 30 Ribu

  • Bagikan

Kenali.co.id,- Unggahan akun Twitter @30secondbloom yang menampilkan foto sepiring menu ayam goreng dan buah mangga yang sudah dipotong viral . Unggahan ini menimbulkan kehebohan di kalangan warganet lantaran memuat misteri yang coba dipecahkan si pemilik akun lewat secarik kertas memo.

Kertas itu bertuliskan harga mangga potong yang dipesan oleh akun @30secondbloom. Dari memo tersebut, dia menemukan makna misterius yang kemudian menjadi perbincangan di media sosial.

Jadi awalnya, dijelaskan oleh @30secondbloom, kalau dia dan temannya dengan nama akun Twitter @durenkalibata makan di tempat ayam goreng di bilangan Jakarta. Mereka tidak menyebutkan detail lokasi tempat makan yang dimaksud.

Kejadian ini terjadi pada 12 November 2021. Menurut penurutan si pemilik akun, tempat makan itu ramai dan ada yang jual mangga di luar restoran.

Setelah duduk dan memesan makanan, ia melihat banyak konsumen restoran memesan mangga yang dijual di luar restoran itu. Pihak restoran ternyata tidak mempermasalahkan kalau ada pelanggan yang mau membawa masuk mangga yang dijual di luar tersebut.

Pemilik akun ini pun ikut memesan mangga potong yang segar itu. Dia menjelaskan, mangga dijual oleh dua orang, satu ibu-ibu yang diperkirakan berusia 50 tahun, satunya mas-mas yang usianya sekitar 20 tahunan.

Ibu-ibu bertugas sebagai pemotong mangga, sedangkan mas-masnya yang terima orderan sekaligus mengantar orderan.

Nah, kejanggalan mulai terjadi di sini. Ya, jika dilihat dengan seksama, kertas orderan bukan bertuliskan mangga tetapi m111990 Rp30 ribu.

“Respons pertama gua adalah diam, mencoba menerka, mikirnya emang alay kali, ya, yang jualan dan jadiin becandaan. Gua dan Grace nggak nanggepin itu apa-apa dan cuma ngetawain aja. Mangga kok jadi m111990?” tulis akun tersebut.

Lalu, setelah selesai makan, ia bersama temannya membayar tagihan orderan. “Tentu bayarnya beda, ayam goreng ke restoran, mangga ke luar,” jelasnya.

Setelah semua beres, si pemilik akun mulai merasa ada yang janggal dengan memo orderan mangga Rp30 ribunya. Sampai mereka menemukan makna di balik m111990 tersebut.

“Setelah diusut, ternyata tulisannya itu M 11 1990 atau monday November 1990,” terangnya.

Ia pun coba menjumlahkan tanggal-tanggal di hari Senin pada November 1990 yang mana itu adalah 5, 12, 19, dan 26 yang jika ditotal 62. “Sampai sini kita buntu lagi. What are we supposed to do with this number?” katanya, penasaran.

Tak mau menyerah, @30secondbloom coba mengulik lebih jauh makna di balik m111990 yang dia temukan tersebut. Dia menemukan beberapa hal aneh yang terjadi pada penjual mangga.

Hal yang ditemukan si pemilik akun adalah, ada orang-orang yang cuci tangan tapi nggak matikan keran air, mas-mas mengantar makanan pakai troli dan sampai memegang piring saking banyaknya pesanan, tapi sendirian. Padahal banyak pegawai lain yang cuma berdiri saja tapi tidak membantu. Lalu, rasa makanannya pun biasa saja, namun restoran ini ramai sekali.

Entah bagaimana, akun @30secondbloom kemudian menyangkutpautkan angka 62 dengan kode telepon Indonesia. Tapi, itu tidak menjelaskan apa pun terkait dengan kode m111990 yang disampaikan si penjual mangga.

“Kita bingung banget, masalahnya kita di Indonesia dan +62 ini nggak ngejelasin apa pun. Tapi kita yakin ada sesuatu yang sengaja disembunyikan di tempat ini dan abang mangga itu sudah usaha buat ngasih tahu ke kita dan kita nggak mau menyia-nyiakan kepercayaan itu,” tulisnya, yakin.

“Sejauh ini, gua meyakini beberapa hal. Pertama, abang mangga ini saksi dan nggak bisa sembarangan ngomong atau lapor, gerak-geriknya diawasi dan terbatas. Kedua, orang yang mengawasi dia pasti bakal ada terus di tempat which is pegawai di restoran itu atau ibu-ibu penjual mangganya,” ungkapnya.

Unggahan ini benar-benar menyita perhatian. Sampai berita ini dimuat pada Senin (15/11/2021) siang, sudah lebih dari 9 ribu lebih netizen yang menyukainya. Komentar yang masuk pun amat banyak, namun kebanyakan ikut pusing, beberapa mengira @30secondbloom menyalahkan harga mangga yang terlalu mahal.

“Gue pikir mau protes soal harga mangga sepiring Rp30 ribu,” tulis akun @nengkvntilan***.

“Jadi mau marah baca thread ini. Enggak ngerti,” komen @non_gg***.

“Aku tahu, sebenarnya mereka sedang dikendalikan seseorang. Tulisan itu merupakan sebuah sapaan buat kamu sama temanmu dari dia yang ngendaliin mereka. Hati-hati saja, kalau akhir-akhir ini kamu sama temanmu sering melihat benang. Jangan-jangan kamu sama temanmu bakal jadi target selanjutnya,” tulis @kafirmili*** ikut membuat spekulasi.

“Waduh, M111990 kayaknya emang itu kode, deh. Coba mas mungkin biar makin jelas, digali lebih dalam mungkin bisa sembunyi-sembunyi pas beli dan mau bayar sekalian selipin kertas juga isi beberapa pertanyaan. Gitu?” saran @aburaud***.(Riani/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *