Vladimir Putin Klaim Vaksin Sputnik V Efektif Lawan Omicron

  • Bagikan
Vladimir Putin klaim vaksin Sputnik efektif melawan varian Omicron. (AFP/VALERY SHARIFULIN)

Kenali.co.id-Internasional, Vladimir Putin Klaim Vaksin Sputnik V Efektif Lawan Omicron,Presiden Rusia Vladimir Putin mangklaim vaksin Sputnik V asal Rusia efektif melawan varian Omicron, Jumat (17/12).
“Pada hari ini terlihat bahwa Sputnik V kami bekerja dengan baik, dan mungkin, lebih baik dalam melawan Omicron daripada vaksin yang digunakan dunia,” tutur Putin, dikutip dari TASS.Putin menambahkan, pakar akan memberikan penilaian akhir terkait efektivitas Sputnik V terhadap varian Omicron dalam beberapa hari ke depan.

Tak hanya itu, Moscow siap menyediakan suntikan vaksin Sputnik Light sebagai booster untuk negara lagi, termasuk Eropa.

“Kami bahkan bisa membagikan vaksin yang kami punya dengan negara lain, maksud saya sebagai booster, termasuk negara-negara Eropa. Kami siap memberikan Sputnik Light untuk negara-negara yang ingin menggunakannya sebagai booster. Kami memiliki jumlah yang cukup untuk dibagikan ke negara lain,” tambah Putin.

Pendapat keampuhan Sputnik V juga diutarakan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF). Mengutip studi yang dilakukan produsen vaksin Sputnik V, diketahui bahwa vaksin tersebut memiliki pertahanan yang kuat untuk melawan gejala serius dan rawat inap akibat varian Omicron.

Sebagaimana dilansir Reuters, jika vaksin ini digunakan sebagai vaksin booster, vaksin Sputnik Light mampu membantu mengembangkan antibodi yang lebih kuat untuk melawan varian Omicron, menurut data produsen vaksin Sputnik, Institut Gamaleya.

Data penelitian dari Gamaleya menunjukkan efektivitas Sputnik V dan booster Sputnik Light dalam melawan Omicron bisa lebih dari 80 persen.

RDIF mengatakan studi laboratorium awal yang dilakukan Gamaleya mendapatkan hasil bahwa Sputnik V menunjukkan “aktivitas penetral virus yang tinggi” (VNA) terhadap varian Omicron.

Beberapa waktu lalu, presiden Rusia ini juga sempat menjadi relawan pengujian vaksin Sputnik yang disemprotkan lewat hidung.

“Setelah dua prosedur, injeksi dan (vaksin) hidung untuk bagian kedua, saya sudah berolahraga pagi ini. Jadi saya bersaksi bahwa semua (vaksinasi) bekerja seperti yang dikatakan ilmuwan kami,” kata Putin,

Putin mengajukan diri untuk menjadi subjek tes vaksin hidung buatan Rusia. Vaksin intranasal ini juga dikembangkan oleh Gamaleya Center, yang mana merupakan pembuat vaksin Sputnik V dan Sputnik Light.(Rizky/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *