Wagub Sani: Rakernas APDESI Ajang Silaturahmi Bagi Perangkat Desa

Wagub Sani: Rakernas APDESI Ajang Silaturahmi Bagi Perangkat Desa
Wagub Sani: Rakernas APDESI Ajang Silaturahmi Bagi Perangkat Desa

KENALI.CO.ID, JAMBI – Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (RAKERNAS APDESI) sebagai ajang silaturahmi bagi perangkat desa seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Wagub pada acara malam hiburan APDESI dengan tema “Semalam Bersama APDESI”, bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (25/07/2023) malam.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan selamat datang di Provinsi Jambi kepada seluruh bapak dan ibu peserta Rakernas Apdesi. Suatu kehormatan bagi Provinsi Jambi menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Apdesi, dan kami senang bapak dan ibu bisa hadir di Provinsi Jambi guna bersilaturahmi, berdiskusi dan berbagi ide/gagasan, membahas hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan desa, untuk mendukung pembangunan dan kemajuan daerah dan nasional,” kata Wagub Sani.

Wagub Sani mengatakan, pembangunan harus terus-menerus diperkuat dalam seluruh sektor dan dalam semua level, termasuk didalamnya Pemerintah Desa. Hal ini juga sesuai dengan semangat pembangunan nasional, dan tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk memperkuat pembangunan di desa sebagai bagian dari upaya penyebaran dan pemerataan pembangunan. “Maka pemerintah memberikan perhatian yang lebih besar terhadap pembangunan desa, artinya desa semakin diberdayakan,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani mengungkapkan, pembangunan desa semakin kuat dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Namun, pemahaman tentang desa tidak bisa terlepas dari Undang-Undang No. 32 Tahun Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

“Sesuai dengan Nawa cita Presiden Joko Widodo yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Oleh karena itu, pembangunan dan pemberdayaan desa ini sangat penting bagi kita dan menjadi prioritas pembangunan pemerintah,” ungkap Wagub Sani.

Baca Juga :  Aturan Pemda, Truk di Bawah Tahun 2013 Dilarang Beroperasi

Wagub Sani menuturkan, berkaitan dengan penyelenggaraan Rakernas Apdesi di Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi menyelenggarakan Malam Hiburan, sebagai wujud sukacita dan pembauran kita kepada masyarakat, karena sesungguhnya keberadaan Apdesi juga untuk masyarakat seluruh Indonesia.