NEWS  

Wakil Ketua DPR RI Soroti Permasalahan Berulang dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji

Wakil Ketua DPR RI Soroti Permasalahan Berulang dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji
Wakil Ketua DPR RI Soroti Permasalahan Berulang dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji

KENALI.CO.ID, Jakarta — Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus, menyoroti permasalahan berulang dalam penyelenggaraan ibadah haji yang masih menjadi tantangan hingga saat ini.

Berdasarkan pengalamannya pada tahun 2012, Lodewijk mencerminkan bahwa masalah manajemen transportasi masih sering terjadi, khususnya di Muzdalifah.

“Saya pernah ikut haji reguler walaupun saat itu menjabat sebagai Panglima Kodam. Saya merasakan hal yang sama terjadi di Muzdalifah dengan penundaan sekian jam.

Dulu hampir 18 jam, dan baru-baru ini ada juga penundaan yang berdampak besar bagi jemaah lansia,” kata Lodewijk kepada Parlementaria di Makkah, Arab Saudi, Selasa waktu Arab Saudi (11/06/2024).

Lodewijk menekankan pentingnya manajemen yang baik untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan puncak ibadah haji.

“Prinsip dari pengawasan ini adalah memastikan puncak penyelenggaraan Haji berjalan lancar, aman, dan tertib,” tegasnya.

Salah satu solusi yang di usulkan oleh Lodewijk adalah peningkatan penggunaan teknologi dalam pengawasan jemaah.

Ia menyebut aplikasi yang bisa memonitor posisi jemaah sebagai langkah positif.

“Aplikasi itu saya pikir bagus. Dengan teknologi yang ada, sekarang tidak ada masalah untuk di integrasikan dengan telepon genggam agar bisa memonitor posisi jemaah,” jelas politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Penerapan teknologi ini di harapkan bisa mengatasi masalah jemaah yang hilang atau tersesat.

“Kita sudah tahu di mana titik-titik kejadian tersebut. Karena ini sudah berjalan lama, seharusnya sudah bisa di petakan dan di situ di tempatkan para pengawas,” tambah Lodewijk.

Dengan berbagai persiapan yang di lakukan, DPR RI berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik dan memberikan pelayanan optimal kepada para jemaah.

Baca Juga :  Masker Kopi Baik untuk Kecantikan, Berikut 6 Cara Membuatnya, Bikin Wajah Glowing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *