Wanita Ini Rela Donor Ginjal untuk Kakak Sahabatnya

  • Bagikan
donor ginjal
Kisah wanita donor ginjal untuk kakak sahabatnya. (Foto: Twitter @_fransiskancis)

Kenali.co.id, KENALI VIRAL Jakarta – Viral kisah wanita yang rela mendonorkan salah satu ginjalnya untuk kakak sahabatnya. Pengalamannya menjadi pendonor ginjal di akun twitternya @_fransiskancis.

Siska yang saat ini berusia 30 tahun melakukan donor ginjal untuk kakak dari temannya yang berusia 42 tahun. Operasi donor ginjal dilakukan pada 9 November 2021.

“Besok hari bersejarah bagi saya, 9 November 2021. Hari ini adalah hari terakhir saya bisa merasakan sebagai manusia berginjal dua. Besok saya akan melihat satu ginjal saya berada di raga orang lain,” tulis Siska dalam utasan, Senin (8/11/2021).

Cerita ini berawal saat temannya yang meminta tolong untuk donor golongan darah O+ untuk kakaknya yang sedang sakit gagal ginjal.

Meskipun tidak ada hubungan darah dengan penerima donor, Siska akui lakukan donor ginjal atas dasar kemanusiaan. Diketahui bahwa Siska juga sudah lama aktif dalam melakukan kegiatan sosial.

“Alasan saya hanya untuk kemanusiaan. Kebaikan adalah bentuk kemanusiaan terbaik. Jangan bawa organmu ke surga, di sini banyak yang membutuhkan,” ujar Siska, Rabu (24/11/2021).

Serangkaian pemeriksaan telah dijalani Siska selama hampir 10 bulan pada akhirnya ia diputuskan lolos sebagai pendonor ginjal.

“Pendonoran ginjal ini melalui serangkaian tahap dan tes. Mulai dari awal yaitu wajib konsultasi, kelengkapan dan legalitas dokumen, edukasi, advokasi, tes medis kecocokan ginjal dan medical check up lainnya. Prosesnya sendiri yang saya alami adalah 10 bulan,” ujar Siska.

Siska mengakui bahwa tahapan advokasi merupakan yang paling sulit. Pasalnya, di tahap ini akan dilakukan wawancara bersama dokter dan pihak hukum untuk memastikan bahwa donor ginjal tidak dikomersialkan.

Namun, secara umum ia tidak mengalami kendala berarti selama menjalani proses persiapan untuk donor ginjal tersebut.

“Selama 10 bulan, tidak ada kendala sih untuk saya pribadi,” imbuhnya.

Terlihat dalam utasan yang dibagikannya, operasi donor ginjal berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan.

“Mau cerita, yaa. Lagi shock kaget soalnya. Barusan dapet hasil laboratorium darah dari si penerima ginjalku, dan tara hasil lab darah fungsi ginjalnya: Ureum dan Kreatinin: NORMAL,” tulis Siska dalam utasan, Sabtu (20/11/2021). (Dhea/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *