WOW! Ini 7 Manfaat Buah Naga Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

WOW! Ini 7 Manfaat Buah Naga Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

KENALI.CO.ID,KECANTIKAN-Buah naga merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia karena mudah di temukan dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Pada umumnya, buah naga yang sering kita jumpai adalah buah naga dengan kulit merah dan daging berwarna putih atau merah. Ternyata varietas buah naga bukan hanya itu saja. Ada juga varietas baru, yaitu buah naga kuning.

Jenis buah naga memiliki nama Latin Selenicereus megalanthus atau dalam bahasa Inggris di sebut yellow pitaya. Kulit buah naga kuning berwarna kuning, dan daging buahnya berwarna putih.

Di dalam daging buahnya terdapat biji-biji hitam yang menyebar merata. Ukuran buah naga kuning biasanya lebih kecil di bandingkan dengan jenis buah naga lainnya, namun rasanya yang paling manis.

Buah naga kuning sangat jarang ada di Indonesia, karena habitat tumbuhnya berada di lingkungan yang dingin. Jika pun ada, maka harga jualnya cukup tinggi jika di bandingkan dengan jenis Buah naga lainnya.

Berikut manfaat buah naga kuning untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Menjaga keseimbangan daya tahan tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mencegah tubuh menjadi sarang penyakit.

Mengonsumsi buah naga kuning dengan secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C, dan antioksidannya, yang sangat tinggi.

Sehingga dapat membantu sel darah putih berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari infeksi yang dapat menyebkan demam.

Vitamin B, kalsium, zat besi fosfor, protein, niacin, dan seratnya juga berkontribusi untuk kekebalan tubuh.

WOW! Ini 7 Manfaat Buah Naga Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Mencegah Kanker

Buah naga kuning penuh dengan antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker akibat radikal bebas. Buah naga kuning kaya akan karotin dengan kemampuan antikarsinogenik yang dapat mencegah pada perkembangan tumor.

Baca Juga :  6 Manfaat Mikrodermabrasi Untuk Wajah, Dijamin Bikin Cantik!

Penelitian di tahun 2011 yang di terbitkan di Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, menemukan bahwa diet rendah lemak, kaya asupan buah, sayuran, serta makanan yang mengandung lycopene seperti dalam buah naga, dan menjalani aktivitas fisik dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga kuning mengandung betakarotin yang membantu menjaga dan mencerahkan kornea mata, serta melindungi sel-sel dalam mata dari bahaya sinar ultraviolet matahari.

Juga dapat mengurangi risiko kebutaan pada malam hari (night blindness) dan penyakit degenerasi pada mata lainnya yang berhubungan dengan usia.

Plus, kandungan vitamin C, dan antioksidannya menjaga fungsi sel retina serta mencegah katarak. Untuk manfaat yang maksimal, minum segelas jus buah naga setiap hari.

4. Menjaga Kolesterol dan Jantung

Kolesterol adalah lemak jahat yang dapat mengganggu proses yang dapat terjadi dalam tubuh, terutama pada organ-organ penting seperti jantung, tekanan darah, aliran darah, dan bahkan dapat menyebabkan stroke.

Anda perlu mengontrol untuk kolesterol jahat (LDL), dalam tubuh Anda supaya tidak berlebihan.

Buah naga kuning memiliki kadar kolesterol yang baik (HDL), yang di butuhkan oleh tubuh sehingga baik dan aman jika dikonsumsi setiap hari.

WOW! Ini 7 Manfaat Buah Naga Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Membantu Melembapkan Kulit

Tingginya kadar air yang dimiliki pada buah naga kuning tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tubuh dan organ di dalamnya saja, tetapi juga bermanfaat untuk melembapkan kulit baik dari sisi luar maupun di dalam.

Menjaga agar kulit tetap lembap dari dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah naga secara langsung.

Sedangkan untuk bagian luar kulit, Anda dapat memanfaatkan daging buah naga yang telah diblender halus, kemudian saring airnya dan gunakan ampasnya untuk masker.

Baca Juga :  5 Manfaat Pare yang Menakjubkan untuk Atasi Masalah Kesehatan Tubuh dan Kecantikan kulit

6. Mengatasi Masalah Jerawat

Untuk mengatasi masalah pada jerawat, Anda dapat gunakan masker buah naga kuning pada wajah. Anda hanya perlu melakukannya setiap hari hingga jerawat benar-benar sembuh dan menghilang.

Buah naga kuning memiliki kemampuan untuk menyehatkan kulit dengan kandungan vitamin C, sehingga dapat mengurangi peradangan yang sering muncul dengan jerawat sekaligus menyamarkan bekas lukanya.

7. Mengatasi Kulit yang Terbakar Oleh Sinar Matahari

Caranya campurkan sari buah naga kuning dengan satu sendok makan sari ketimun, plus satu sendok makan madu murni.

Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata dan oleskan campuran ketiganya pada area kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Jangan langsung dibersihkan bila area tersebut terasa sakit. Biarkan hingga kering atau hingga rasa sakitnya menghilang. Setelah itu baru Anda bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Demikian beberapa manfaat dari buah naga kuning baik untuk kesehatan tubuh, semoga dapat menjadi alternatif pilihan untuk dibudidayakan karena manfaatnya yang banyak. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

(*ENI/KENALI.CO.ID)

ARTIKEL INI PERNAH TAYANG: https://rakyatbengkulu.disway.id

DENGAN JUDUL: https://rakyatbengkulu.disway.id/read/662555/wow-ini-7-manfaat-buah-naga-kuning-untuk-kesehatan-dan-kecantikan