YouTube akan Hilangkan Angka Dislike Pada Video

  • Bagikan

Kenali.co.id – Bagaimana cara terbaik untuk bisa melihat kualitas konten dari sebuah video di YouTube dan mendapatkan rekomendasi video yang lebih pas?

Ya, bergantung tidak hanya jumlah view saja, tetapi juga bisa dilihat berdasarkan jumlah Likes dan Dislikes. Walau tidak bisa dijadikan patokan pasti, Likes dan Dislikes kadang digunakan oleh sejumlah pengguna untuk bisa lebih memperhatikan apakah isi konten yang ada pada video tersebut memang berkualitas atau tidak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga Dislikes ini digunakan dengan cara yang salah sehingga menyebabkan sebuah video yang seharusnya bisa menjadi bagus, malah terlihat “jelek” karenanya.

Sekitar awal tahun ini, YouTube sempat menguji coba untuk menghilangkan Dislikes pada video untuk membantu menurunkan risiko terjadinya “abuse” pada Dislikes tersebut, terutama mereka yang sengaja menyerang si pembuat konten video. Setelah pengujian coba ini berlangsung, YouTube melihat adanya perubahan yang signifikan, sehingga YouTube mengumumkan secara resmi akan menghapus tampilan jumlah Dislike pada video-video di platformnya.

Tentu saja, bukan berarti tombol Dislike aja dihilangkan. Pengguna/penonton masih bisa menekan tombol Dislike jika menginginkan rekomendasi video berikutnya sesuai dengan yang mereka inginkan. Hanya saja, total dan jumlah angka Dislikes ini hanya akan bisa dilihat oleh si pembuat konten saja lewat YouTube Studio.

Alasan utama dihilangkan jumlah angka Dislike pada YouTube ini, selain untuk melindungi para pembuat konten video, juga ingin membuat platform YouTube menjadi sebuah platform yang lebih ramah lingkungan sehingga mereka bisa merasa lebih aman untuk berkarya di sana.

Setujukah Anda dengan keputusan YouTube ini? (Naufal/Kenali.co.id)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *