Ziarah Bersama ke Makam Sunan Ampel, Anies dan Cak Imin Saling Puji

Ziarah Bersama ke Makam Sunan Ampel, Anies dan Cak Imin Saling Puji

KENALI.CO.ID – Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saling melontarkan pujian saat memberi sambutan menjelang ziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (9/9/2023).

Cak Imin yang lebih dulu memberi sambutan memuji Anies sebagai figur cerdas dan intelektual. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menilai Anies Baswedan sukses selama menjadi gubernur DKI.

“Satu-satunya gubernur Indonesia yang bisa membangun stadion standar internasional hanya Pak Anies,” kata Cak Imin dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

Cak Imin merasa senang karena bisa bersama Anies di titik terakhir di Makam Sunan Ampel dari rangkaian kegiatan Tour de Walisongo yang dilaksanakan PKB. Padahal keduanya tidak pernah merencanakan ziarah bersama di Surabaya hari ini.

“Tour de Walisongo ini merupakan acara lama yang biasa kita (PKB) lakukan. Semula gambar yang di pasang di baliho acara hanya saya sendiri, karena telah berdua sekarang ada foto Pak Anies,” tutur Cak Imin.

Senada dengan Cak Imin, Anies menuturkan bahwa pertemuannya dengan Wakil Ketua DPR RI itu hari ini tidak pernah di rencanakan sebelumnya. Sama persis dengan takdir keduanya yang berpasangan dalam pilpres 2024.

“Ini (ziarah) telah di rencanakan sejak jauh-jauh hari, tapi di takdirkan bertemu dengan Gus Imin. Pertemuan ini sama sekali tidak di rencanakan oleh kami, semua di atur oleh pusat (takdir Allah),” tutur Anies.

Di momen tersebut Anies juga mengungkapkan pujian untuk Cak Imin. Menurutnya, Cak Imin merupakan politikus sekaligus organisatoris andal di Indonesia. Hal itu terbukti dari kepiawaiannya bertahan menjadi ketua umum DPP PKB dalam rentan waktu cukup lama.

Baca Juga :  3 Respons Bakal Capres Prabowo Subianto Usai Resmi Didukung Relawan ProJo di Pilpres 2024

“Selama 18 tahun memimpin partai politik bukan pekerjaan mudah. Butuh stamina mental dan stamina intelektual yang luar biasa,” puji Anies.

Anies-Cak Imin Sebut Ziarah merupakan Napak Tilas Sejarah Panjang Dakwah Islam di Indonesia

Pasangan bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu menyebut ziarah merupakan bagian dari napak tilas dan menelusuri sejarah panjang dakwah Islam di Indonesia.

Ziarah di Makam Sunan Ampel juga di hadiri para petinggi PKB dan Partai NasDem di antaranya, Ahmad Ali dan Rajiv dari NasDem, serta Jazilul Fawaid dan Muhammad Hanif Dakhiri dari PKB.

Anies-Gus Imin bersama rombongan juga melaksanakan ziarah ke Makam Ketua Umum PBNU pertama KH Hasan Gipo yang memimpin pada tahun 1926-1934.

Tour de Wali Songo di laksanakan mulai 8-11 September 2023. Cak Imin dan rombongan PKB berkeliling ziarah ke makam para wali yang berada di Cirebon hingga Surabaya.

 

(*WAHYU/KENALI.CO.ID)